Selamat Datang di Portal Pendidikan Fisika

INDONESIA FISIKA PLUS PLUS OLIMPIADE KE-1

SOAL
***



1. Roket diluncurkan dari tanah di depan halaman rumah admin ariq, naik secara vertikal dengan percepatan 20 m/s selama 2 s ketika kemudian roket tersebut kehabisan bahan bakar. Jika gesekan dengan udara diabaikan dan g=10m/s’2, tentukan ketinggian yang dicapai roket.



2. Bola karet bermassa 500 gram diikat dengan tali yang panjangnya 2 meter dan diputar melingkar vertikal dengan v tetap. Tentukan selisih tegangan tali ketika bola di titik terendah dan di titik tertinggi.


3. Mobil bermassa 4 ton melewati sebuah tikungan jalan. Poros tangah-tengah jalan merupakan bagian lingkaran horizontal dengan jari-jari kelengkungan 30 m. Bila kemiringan jalan 37’ dan koefisien gesekan statis jalan adalah 3/16, maka tentukan kecepatan maksimal mobil yg diperbolehkan dalam m/s.



4. Sebuah kelereng bermassa 0,1 kg jatuh bebas vertikal dr ketinggian 2 m ke hamparan pasir. Jika kelereng itu masuk sedalam 2 cm ke dalam pasir sebelum berhenti, tentukan besar gaya rata-rata yang dilakukan pasir untuk menghambat kelereng tersebut.


5. Bola pejal berjari-jari R dan bermassa m didorong dgn kecepatan awal 3 m/s ke atas sebuah bidang miring yg memiliki kemiringan 30’ dgn koefisien gesekan kinetis 0,2 dan koefisien gesekan statis 0,3. Ketika menaiki bidang miring tersebut, bola selalu menggelinding dan tidak pernah tergelincir (keajaiban). Tentukan ketinggian maksimum yang dicapai bola tersebut.

6. Dua buah bola A dan B berturut-turut bermassa 3 kg dan 4 kg, di atas lantai kasar dgn koefisien gesek = 2/7, bergerak saling mendekati sehingga terjadi tumbukan yg ketidak-lentingannya sempurna. Pada saat awal tumbukan, A berkelajuan 12 m/s dan B 2 m/s. Setelah akhir tumbukkan hingga berhenti, maka tentukan jarak A dan B yg ditempuh.

7. Sebuah silinder homogen bermassa m dan jari-jari R diikat oleh dua utas tali yang tergulung. (mainkan imajinasi anda) 
Hitung:
a. Tegangan setiap tali dan percepatan sudut silinder 
b. Daya sesaat akibat gravitasi sebagai fungsi waktu

Kunci Jawaban
***

1. 120 meter
2. 10 N
3. 18 m/s
4. 100 N
5. 0,63 meter
6. 2,8 meter
7. a) α = 2g/3R T = mg/6
    b) P = 2/3 mg'2 (t)

Hasil
***

10 BESAR SANG JUARA INDONESIA FISIKA PLUS PLUS OLIMPIADE.IFPPO


1. Rifaldhy Fajar >> 43p "BADGES EMAS"
2. Muhammad Ariq Fauzan >> 42p "BADGES EMAS"
3. Vivi Putri >> 37p "BADGES EMAS"
4. Yovi Maulana Nugraha >> 31p "BADGES PERAK"
5. Ïväñ Åjjå >> 30p "BADGES PERAK"
6. Ryan Ardhi Pratama >> 28p "BADGES PERAK"
7. Intan Permata Sari >> 21p "BADGES PERUNGGU"
8. Ninik Santi >> 20p "BADGES PERUNGGU"
9. Toulasik Yuni >> 18p "BADGES PERUNGGU"
10. Ahmad Suyudi >> 12p "BADGES PERUNGGU"


Piagam
***



Share this post :

1 comment:

Video Fisika Plus Plus


lihat video Fisika Plus Plus lainnya disini
 
Support : Faisal Harish | TANYA-JAWAB OSN FISIKA | UNY
Copyright © 2015. FISIKA PLUS PLUS - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Modified by Faisal Harish
Proudly powered by Blogger